Sabtu, 28 Juli 2012

Cara Membuat dan Menjalankan PHP

    Jika anda baru belajar php, silahkan baca panduan sebelumnya tentang proses install dan menjalankan apache. Pastikan apache sudah running.

       Untuk membuat file php kita bisa gunakan editor apa saja yang penting dapat menyimpan dalam format text, disini saya akan gunakan editor sederhana yang ada dilingkungan windows yaitu notepad. Silahkan anda jalankan notepad yang biasanya terletak pada start menu, Accessories, kemudian pilih notepad.
PHP memiliki struktur dasar yaitu :



<?php
//ini blok tempat kode
?>
 
       Baris pertama merupakan awal blok deklarasi php, baris kedua komentar yang menunjukkan tempat dimana kita bisa menuliskan perintah2 php, dan yang terakhir adalah bagian penutup php. Setiap anda membuat php harus diawali dengan pembuka dan penutup seperti diatas. Berikut contoh kode lengkap untuk menuliskan Selamat Malam dengan php.

<?php
   echo "Selamat Malam";
?>
 
       Setelah anda tulis, sekarang kita simpan. Caranya tekan menu file, kemudian pilih save as. Arahkan direktori tempat menyimpan ke dalam xampp/htdocs. Ketikkan nama file dengan lengkap misal belajar1.php lalu tekan simpan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : ketikkan selalu nama file dengan huruf kecil, pastikan diakhiri dengan .php. Contoh sederhana selesai, sekarang bagaimana menjalankanya.
Jalankan browser, bisa mozilla, chroome atau lainya. Kemudian ketikkan pada address bar http://localhost/belajar1.php
       Jika yang muncul tulisan Selamat Malam maka anda sudah berhasil membuat file php.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar